Jumat, 16 April 2010

Menara Condong Pisa Kehilangan Gelar Dunia

     Taukah kamu menara termiring di dunia..???, menara condong Pisa di Itali sebagai menara termiring di dunia. Keangkuhan menara condong Pisa di Itali hanya sampai bulan Juni 2009 saja, karna telah dikalahkan oleh kemiringan bangunan sebuah menara gereja, di sebuah desa di Jerman.

     Seperti yang telah diterbitkan oleh Ananova, Selasa (6/11/2007), menara gereja di desa Suurhusen, Jerman. Gereja itu diyakini sebagai bangunan termiring di dunia. Bahkan, sejak bulan Juni lalu, menara berarsitektur Eropa itu mendapat penghargaan resmi dari museum rekor dunia atau Guinness Book of Records.

     Berita tersebut semakin kuat  karena  temuan data yang mengejutkan dari pemerintah setempat. Kemiringan menara gereja di Suurhusen 5.19 derajat, jauh dibandingkan kemiringan menara Pisa yang hanya 3.97 derajat. "Ini rekor terbaru dunia," ujar Olaf Kuchenbecker, pencatat Guinness World Records di Hamburg.

     Menara di Suurhusen itu berupa bangunan tua yang diperkirakan dibangun pada pertengahan abad 13. Namun ada penambahan tinggi sekitar 90 kaki pada tahun 1450.

     Menara tersebut dibangun dengan bahan kayu. kemiringan dari bangun ini selalu bertambah tiap tahunnya di karenakan kondisi tanah yang lembab yang menyebabkan penambahan kemiringannya. Sebab itu, sejak 1982, berbagai upaya untuk menahan penambahan derajat kemiringan pun dilakukan. Hasilnya, pada 1996, kemiringan menara gereja itu dinyatakan stabil.

     Sampai saat ini, gereja condong itu masih berfungsi sebagai tempat ibadah dan objek wisata. Selain itu, dana dari sumbangan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini digunakan untuk melakukan pemeliharaan.

sumber :
http://www.duniapustaka.org/2010/04/menara-condong-pisa-kehilangan-gelar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar